Ceria Ramadhan 2015



Jakarta, 23 Agustus 2015 - Pada tanggal 10 Juli 2015 lalu, Yayasan Cahaya Pelangi Indonesia (YCPI) untuk pertama kalinya berhasil menyelenggarakan satu kegiatan berupa santunan kepada seratus anak yatim, piatu dan dhuafa. Kegiatan tersebut masih berada dalam suasana Ramadhan, satu pekan menjelang Idul Fitri 1436 H.


Menurut Iman Nurhadiansyah, ketua YCPI, kegiatan yang diberi nama "CERIA RAMADHAN 2015" yang mengambil tema "Berbagi Rizki untuk Mencapai Ridho Ilahi", ini rencananya akan menjadi kegiatan rutin tahunan. "Acara akan dilaksanakan setiap bulan Ramadhan, menjelang Idul Fitri", tutur Iman dalam satu kesempatan.

Ketua Panitia, Kholilah, S.Pd. dari YCPI
Adapun tujuan didakannya kegiatan ini, yang pertama adalah sebagai ajang pelatihan dan penataan diri menuju insan yang mulia, sebagaimana disebutkan dalam Alquran surat Al Hujurat ayat 13, “Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa di antara kamu”. Kemudian, tujuan yang kedua adalah sebagai sarana untuk menumbuhkan nilai-nilai sosial dalam diri kita. Hal tersebut tercermin dari seberapa besar seorang muslim mendermakan hartanya berupa zakat, infaq dan sedekah, yang dapat digunakan untuk berbagi sedikit beban hidup dengan anak-anak yatim, piatu dan dhuafa. Dan, tujuan yang terakhir adalah sebagai sarana untuk menumbuhkan kebersamaan. Dengan bersilaturahmi bersama anak-anak yatim, piatu dan dhuafa, maka solidaritas atau kesetiakawanan sosial pun akan tumbuh dalam diri kita.

Ketua RT 003 RW 005 Kel. Sawah, Kec. Ciputat Timur, Tangsel
Selanjutnya, YCPI sebagai sebuah lembaga berbadan hukum tidak ingin melewatkan momentum mulia tersebut sendirian atau hanya dilakukan oleh segelintir pengurus dan simpatisannya saja. YCPI ingin menggandeng segenap masyarakat yang lebih luas yang, barangkali, ingin berbagi dengan sesama, namun tidak tahu kemana menyalurkannya. Oleh karenanya, melalui jaringan yang dimilikinya, yaitu para relawan, yang tersebar di Jabodetabek, Cahaya Pelangi mendistribusikan proposalnya. Sehingga informasi tentang CERIA RAMADHAN 2015 dapat diketahui oleh lebih banyak orang. "Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah", sambung sarjana sosial lulusan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatulloh Jakarta ini, "Sehingga yayasan mengajak masyarakat luas untuk ikut berpartisipasi dalam event ini". Caranya cukup sederhana, para relawan cukup mendistribusikan kepada orang-orang terdekatnya, seperti saudara, sahabat, teman kantor dan rekan bisnis.

Atas upaya sederhana tersebut, anggaran kegiatan sebesar Rp 49.370.000 pun dapat terpenuhi. Anggaran kegiatan tersebut diantaranya adalah untuk pembuatan proposal seperti pembelian kertas, tinta printer, foto copy dan penjilidan. Kemudian, ada anggaran untuk akomodasi seperti transportasi antar jemput anak-anak yatim, piatu dan dhuafa, honor penceramah dan bingkisan untuk tokoh setempat. Bagian terbesar dari porsi anggaran tersebut adalah untuk buka puasa bersama dan santunan untuk anak yatim, piatu dan dhuafa.

Mengenai kepada siapa dan di mana tempat kegiatan ini akan berlangsung, setelah melalui beberapa pertimbangan, maka CERIA RAMADHAN 2015 ini akan diberikan kepada 50 anak asuh YCPI dan 50 anak asuh Yayasan Sinar Qolbu (Sinar Qolbu). Sedangkan untuk tempat, disepakati untuk dilaksanakan di Yayasan Sinar Qolbu yang beralamat di jalan Ki Hajar Dewantara No. 88 RT 003 RW 005 Kelurahan Sawah, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan.

Mengapa kegiatan ini menggandeng Yayasan Sinar Qolbu? Hal ini dilakukan karena, kita tahu, bahwa YCPI merupakan yayasan yang baru berdiri, tepatnya tanggal 6 April 2015 sehingga belum memiliki banyak anak asuh.

Sekarang, tibalah saatnya kepada kegiatan CERIA RAMADHAN 2015. CERIA RAMADHAN 2015 dilaksanakan ba'da shalat Jum’at, tepatnya pukul 15.00 dan berakhir pukul 20.00. Acara dibuka dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran dan Saritilawah oleh  adik-adik dari Sinar Qolbu. Walaupun masih anak-anak, sungguh lantunan suaranya cukup merdu dan tepat dalam pengucapan ayat per ayatnya, baik tajwid maupun makhrojnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama adalah Ketua Panitia Pelaksana yaitu Ibu Kholilah, S.Pd. Kholilah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada tuan rumah, Sinar Qolbu, atas kesediannya menerima keinginan YCPI. Selanjutnya, ia juga berterima kasih kepada segenap relawan dan panitia yang telah all out menyurahkan waktu, tenaga dan pikirannya demi suksesnya acara tersebut. Dan, sebelum menutup sambutannya, ia pun meminta maaf jika kegiatan tersebut jauh dari harapan.

Sambutan pun dilanjutkan oleh YCPI, Iman Nurhadiansyah. Iman menuturkan bahwa YCPI merupakan yayasan yang baru berdiri seumur jagung. Akan tetapi, karena dorongan ingin berbuat baik dan berbagi dengan sesama, maka ia beserta jajarannya memberanikan diri untuk mengadakan kegiatan tersebut.

Selanjutnya, sambutan dari tokoh masyarakat setempat yaitu Ketua RT 003 RW 005. Selesai sambutan dari Ketua RT 003 RW 005 dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Yayasan Sinar Qolbu dan ditutup oleh sambutan Ketua Dewan Pembina YCPI.

Ada yang menarik dari isi sambutan Ketua Dewan Pembina, Bapak Izzuddin Fikri. Ia memerintahkan kepada pengurus yayasan agar dalam berbuat baik janganlah setengah hati, tetapi harus sungguh-sungguh, sepenuh hati. "Saya instruksikan kepada Pengurus Yayasan, agar memiliki sebanyak-banyaknya anak asuh", demikian salah satu kalimat yang diucapkannya.

Usai acara sambutan, acara disambung dengan  pertunjukan marawis dari anak-anak Sinar Qolbu. Permainan alat musik akustiknya sangat selaras dengan alunan suara lagu yang bertema ajakan-ajakan untuk berbuat baik. Penonton pun dibuat takjub oleh pertunjukan tersebut.

Kemudian sambil menunggu azan magrib berkumandang, acara diisi dengan siraman rohani atau ceramah oleh ustad yang berasal dari Kecamatan Serpong. Usai buka puasa bersama dan shalat magrib, barulah panitia membagikan bingkisan yang berisi seperangkat alat shalat dan perlengkapan sekolah, seperti sarung dan baju koko untuk anak laki-laki, mukena, jilbab dan baju kurung untuk anak perempuan. Sedangkan perlengkapan sekolah berisi buku tulis, ballpoint dan tas produksi Goody Bag Murah. Dan, tidak lupa memberikan angpau yang dimasukkan ke dalam amplop.

Tepat pukul 20.00, acara pun selesai dilaksanakan. Para tamu undangan pun berangsur-angsur pulang. Sedangkan panitia dan tuan rumah mulai membersihkan dan membereskan tempat acara. "Alhamdulillah, acara berlangsung dengan lancar", ujar Kholilah, Ketua Panitia Pelaksana. "Padahal, sebelumnya saya sempat khawatir, lho, karena ini baru pertama kali",  sambung Kholilah menutup pembicaraan.

Waktu menunjukkan pukul 21.30. Tempat sudah kembali seperti semula, bersih dan rapi. Panitia, yang sebagian besar merupakan relawan YCPI pun berpamitan kepada tuan rumah untuk pulang ke rumah masing-masing. "Bu Rika, terima kasih banyak, ya, atas bantuan dan partisipasinya", Iman berterima kasih kepada Ketua Yayasan Sinar Qolbu. "Kami semua pamit, ya, Bu. Mohon maaf, sudah merepotkan dan mohon maaf jika ada hal-hal yang kurang berkenan", ujar Iman menutup pembicaraan.

Akhirnya, seluruh panitia pun beranjak pulang ke kediamannya masing-masing.

(Untuk melihat foto-foto kegiatan silahkan KLIK DI SINI)

Posting Komentar

0 Komentar